(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Kecamatan Tejakula Resmikan “Gerbang Pura”

Admin balitbang | 11 Agustus 2022 | 127 kali

Kamis, 11 Agustus 2022, bertempat di Rumah Jabatan Camat Tejakula, diselenggarakan acara peresmian Rumah Pajang. Kegiatan ini dipimpin Camat Tejakula, I Gede Suyasa, S.P., dengan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., serta undangan dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Balitbang Inovda, Dinas Pertanian, DPMPTSP, Diskopdagprin UKM, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tejakula, serta pelaku usaha dibidang UMKM dan Pariwisata.

Dalam sambutannya, Camat Tejakula menjelaskan bahwa inovasi yang beliau ciptakan, yang disebut dengan Gerakan Bagun Potensi Usaha Rakyat atau disingkat menjadi “Gerbang Pura” merupakan aksi bersama dalam mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan potensi masyarakat. Tujuannya yaitu untuk memberdayakan sumber daya lokal secara optimal dan berkelanjutan. Suyasa juga menyampaikan target dari Gerbang Pura ini adalah One Village One Product, One Village One Innovation, dan One Village One Destination dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gede Suyasa, selaku Sekda Buleleng menjelaskan Gerbang Pura merupakan Show Case UMKM pertama di Kabupaten Buleleng. Harapannya agar kecamatan maupun daerah lain bisa mereplikasi inovasi serupa untuk memajang produk unggulan dimasing-masing daerah, sekaligus meresmikan dibukanya Gerbang Pura. (Wicaksana).