(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Data Akurat dan Keamanan Penting di Era Keterbukaan Informasi

Admin balitbang | 18 Maret 2024 | 2611 kali

Pada era keterbukaan informasi saat ini, sangat penting menyediakan data yang akurat mengingat perangkat daerah memiliki fungsi pelayanan kepada masyarakat. Menjaga keamanan turut menjadi hal penting agar informasi yang disajikan tetap akurat, begitu juga dengan akun maupun situsnya.

 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP., M.M., saat membuka rapat koordinasi teknis pengelolaan website tahun 2024 secara zoom meeting, Senin (18/3). Suwarmawan juga mengajak para operator untuk tetap berkreasi dalam meningkatkan kualitas website masing-masing instansi, baik dari desain dan juga data yang disajikan.

 

Selanjutnya Kepala Bidang Tata Kelola dan SDM SPBE, Ngakan Gde Dwi Dharma Yudha, SE., M.A.P., yang turut mendampingi Kepala Dinas menyampaikan hasil evaluasi tahun lalu serta evaluasi yang sama juga akan dilaksanakan tahun ini. Beberapa hal yang dievaluasi sebagai dasar penilaian website, diantaranya; desain; konten; jumlah konten; jumlah pengunjung; pelaporan; dan sub lainnya. Ngakan juga mengajak seluruh operator untuk mengunggah setiap kegiatan yang sifatnya bisa dipublikasikan. Dalam hal peningkatan website, tim teknis Kominfosanti akan terus berupaya maksimal meningkatkan kualitas website.

 

Zoom yang dihadiri para operator website instansi Kabupaten Buleleng, diisi juga dengan materi keamanan informasi oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Komang Ery Marta Pariata, ST. Banyak hal yang dapat mengancam keamanan informasi, seperti gangguan (virus), penyadap, pemodifikasi, dan pemalsuan informasi. Oleh karenanya, Ery menghimbau agar menjaga keamanan dengan cara menjaga kerahasiaan sandi atau password, tidak meninggalkan perangkat saat sistem sedang terbuka, serta menggunakan anti virus yang update dan terpercaya. Hal penting lain yang ditekankan Ery, yaitu tidak menggunakan media sosial yang saling terhubung. Artinya jika memiliki media sosial lebih dari satu agar menggunakan user dan password yang berbeda. Tujuannya, untuk mengamankan media sosial yang lain apabila misalnya ada satu media yang tersadap.

 

Materi teknis pengelolaan konten website yang juga penting utamanya kepada para operator baru, disampaikan tim teknis Kominfosanti I Kadek Hery Purwanto, SH. Secara teknis tidak ada perubahan dalam pengelolaan konten, namun menurut Hery yang perlu dicermati adalah paham terhadap kelayakan data yang akan dipublikasikan. Seperti misalnya berita, setidaknya mengandung syarat unsur 5W 1H.


Sebelum acara diskusi sebagai penutup, materi terakhir tentang teknis desain grafis disampaikan oleh Komang Deva Lesmana, A.Md., yang juga anggota tim teknis. Deva secara singkat menerangkan teknik dasar pembuatan desain dengan aplikasi canva. Selain canva masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan, namun tentunya berdasarkan kebiasaan dan kemampuan masing-masing dalam penguasaan aplikasi. #Wyn.