(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Berbagai Produk Unggulan Pertanian Daerah di Kecamatan Gerokgak

Admin balitbang | 18 Maret 2024 | 1313 kali

Senin, 18 Maret 2024 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Tingkat Kecamatan, pada penyusunan Kajian Analisis Produk Unggulan Pertanian Daerah Kabupaten Buleleng dan Model Hilirisasinya, di Aula Kantor Camat Gerokgak.

 

FGD dipimpin Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Inovda, I Gusti Ngurah Purnawirawan, ME., dan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi UKM Kabupaten Buleleng, Camat Gerokgak, Perbekel lingkup Kecamatan Gerokgak, Majelis Alit Subak Kecamatan Gerokgak, Koordinator PPL dan PPL BPP Gerokgak, tim pelaksana kajian dari Universitas Panji Sakti Singaraja, dan Analis Kebijakan Ahli Muda Balitbang Inovda.

 

Ketua Tim Pelaksana Dr. Ir. Putu Suwardike, MP., dalam paparannya menyampaikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup, sasaran/output penelitian, kebaruan penelitian, pemanfaatan hasil penelitian dan metodologi penelitian yang digunakan. Tujuan FGD ini adalah untuk menggali informasi mengenai produk unggulan pertanian daerah di Kecamatan Gerokgak yang mampu memberikan daya ungkit atau pendongkrak PDRB Kabupaten.

 

Potensi yang dimiliki oleh Desa Sumberkima adalah Jagung dan budidaya pepaya California. Kendala yang dialami adalah bibit jagung dan penyakit yang menyerang pepaya California sampai saat ini. Di Desa Penyabangan yaitu benih bandeng dengan kendala yang dialami adalah stabilitas harga, sehingga dimohonkan campur tangan pemerintah terhadapt permasalahan tersebut. Sedangkan penyumbang PDRB dari sektor pertanian adalah cengkeh, kopi dan kelapa.

 

Setiap tahun Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng menyusun produk unggulan pertanian perkecamatan dengan beberapa kriteria/indikator, diantaranya merupakan komoditas strategis, komoditas pemicu inflasi, sumberdaya lokal, serta secara ekonomi memberikan keuantungan dan minat masyarakat. Berdasarkan indikator tersebut, produk unggulan di Kecamatan Gerokgak adalah Jagung, Kacang Tanah, Anggur, Pepaya, Cabai, dan Sapi.

 

Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, UKM Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa Kecamatan Gerokgak memiliki potensi tanaman kayu putih dan mutiara. Selain itu, juga ada rumput laut dan garam. #Eka.