(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Inovator Aji Moringga akan tampil di Event Internasional WWF Nusa Dua Bali

Admin balitbang | 02 Mei 2024 | 1329 kali

Salah seorang inovator asal Desa Kalopaksa Kecamatan Seririt, Aji Moringga akan tampil presentasi hasil karya inovasinya di Event World Water Forum (WWF) di Nusa Dua Bali.

 

Kepastian Aji Moringga untuk bisa tampil di event berskala internasional itu, diketahui setelah pihaknya mendapat undangan dari panitia WWF atas inovasinya tentang biji kelor sebagai media penjernih air. Aji Moringga akan presentasi dihadapan 172 Kepala Negara Delegasi WWF tanggal 24 Mei 2024. Hal itu disampaikan Aji Moringga ketika melakukan audiensi ke Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng hari ini, Kamis (2/5).

 

Audiensi dalam rangka meminta dukungan pendampingan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng dalam momen WWF internasional itu. “Kami mohon dukungan untuk bisa mendampingi saat presentasi, apalagi akan membawa nama besar Daerah Buleleng”, ungkap Aji Moringga di harapan  Kepala Balitbang Inovda Drs. Made Supartawan, MM.

 

Untuk memperkuat secara ilmiah penemuan biji kelor menjadi sarana pembersih air, Kepala Balitbang Inovda telah memfasilitasi, untuk sementara dilakukan pengujian lab keberadaan air setelah ditaburi bubuk biji kelor. Biji kelor diambil dari varietas tanaman kelor unggulan, kemudian dikeringkan dan dibuat menjadi serbuk yang siap menjadi pembersih air, baik PH, suhu maupun kandungan dan bebas bakteri.

 

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan WWF ke-10 pada tanggal 18 sampai 24 Mei 2024 di Nusa Dua Bali. Sebanyak 172 negara akan mengirimkan delegasi dalam pertemuan internasional terbesar di bidang air tersebut. Misi WWF adalah menyediakan platform bagi semua pemangku kepentingan di bidang air untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, serta menciptakan ide-ide konkret dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang lebih baik.


Selain itu, juga akan mendorong pemikiran yang inovatif dalam mengatasi isu dan permasalahan terkini dalam pengelolaan sumber daya air, meningkatkan komitmen juga aksi para pembuat kebijakan dalam pengelolaan serta pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan. #Roy.