(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Tingkatkan Kualitas Komunikasi Publik dan Apresiasi Karya Cipta, Pemkab Buleleng Laksanakan Lomba Website

Admin balitbang | 13 April 2022 | 10475 kali

Dalam rangka menciptakan semangat berinovasi dan meningkatkan kualitas komunikasi publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) kembali menyelenggarakan lomba pengelolaan website perangkat daerah tahun 2022. Demikian sambutan pembuka Kepala Dinas Kominfosanti, Ketut Suwarmawan, S.STP.,M.M., saat memimpin technical meeting lomba pengelolaan website, secara zoom meeting, Rabu (13/4).

 

Perlombaan ini terakhir diselenggarakan pada 2019, dan semenjak pandemi covid-19 tidak dilaksanakan karena keterbatasan anggaran. Pada acara zoom yang diikuti oleh para operator website, Kadis Kominfosanti menambahkan bahwa perlombaan turut dirangkaikan dengan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022, dengan tema “Buleleng Bangkit Berseri melalui Teknologi Informasi yang cepat, tepat, dinamis, dan informatif”, jadi kepada seluruh perangkat daerah diharapkan ikut berpartisipasi. Selain itu, perlombaan juga bertujuan untuk memberikan penghargaan serta apresiasi atas hasil karya cipta dari masing-masing perangkat daerah, dan mendukung percepatan pelaksanaan e-Government Pemkab Buleleng. Di akhir sambutannya, Suwarmawan menegaskan perlombaan akan dimulai 14 April besok hingga 14 Mei mendatang, dan kepada perangkat daerah agar segera menyiapkannya.

 

Selanjutnya, operator teknis Kominfosanti, Kadek Hery Purwanto, menyampaikan beberapa kriteria dalam perlombaan. Diantaranya, pengelolaan desain dan fitur web dengan bobot nilai 25%,  pengelolaan konten/isi situs web dengan bobot nilai 50%, jumlah konten dan jumlah pengunjung berbobot nilai 20%, Pelaporan berbobot nilai 5%; dan khusus untuk katagori juara favorit dipilih dengan jumlah like, comment dan share salah satu konten berita web instansi, sesuai dengan judul yang dikirim ke panitia serta akan dishare di Facebook Pemkab Buleleng.

 

Kadek Hery juga menyampaikan bahwa ketentuan isi konten didapat dari desain yang menarik, seperti pada desain slider, foto, video, infografis, dan konten lainnya. Khusus pada konten berita, ejaan diharapkan lugas, jelas, menarik serta memperhatikan ketentuan 5W 1H. Sebagai bentuk apresiasi atas kerja dari perangkat daerah, maka pemenang lomba atau juara 1 akan mendapat tropi, sertifikat dan smart tv. Juara 2 mendapat tropi, sertifikat, serta smartphone tablet, dan juara 3 berhak atas tropi, sertifikat, serta kamera pocket. Sedangkan khusus kategori juara favorit, selain mendapatkan tropi dan sertifikat juga mendapatkan hadiah berupa speaker portable, tutup Hery. (Wayan/Balitbang/22).