(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Rumah Digital Dinsos Aplikasi g-Kinerja dan Absen Non ASN

Admin balitbang | 30 November 2023 | 745 kali

Dinas Sosial Kabupaten Buleleng merupakan salah satu perangkat daerah yang aktif berinovasi dalam orientasi pelayanan. Dinas Sosial saat ini memiliki aplikasi yang disebut dengan Rumah Digital Dinas Sosial. Aplikasi ini semacam Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dinas Sosial yang memiliki 15 fitur layanan kegiatan yang sangat up to date.

 

Saat Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng yang dilakukan oleh Analis kebijakan Ahli Muda Substansi Diseminasi dan Fasilitasi HKI Made Roy Astika, dan Analis Kebijakan Ahli Muda Substansi difusi Kelitbangn, Gede Suardika melakukan monev di Dinas Sosial, inovasi Rumah Digital Dinsos tergolong sangat lengkap dan efektif untuk menyiapkan data kegiatan, termasuk meminimalisir adanya masalah bahkan komplin masyarakat.

 

Salah satu diantara 15 fitur layanan online itu adalah fitur g-absen dan kinerja khusus Pegawai Non Aparatur Sipil Negara (Non ASN). Aplikasi g-absen dan kinerja ini tergolong sangat efektif untuk meningkatkan disiplin pegawai Non ASN, dilingkungan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

 

Aplikasi g-absen dan kinerja ini hanya berlaku untuk pegawai Non ASN, yang penerapannya lebih lengkap dari g-absen PNS. Selain absen dengan foto wajah, juga disertai dengan lokasi yang jelas keberadaan pegawai pada saat melakukan absensi, sehingga tidak akan bisa berbohong dengan memanipulasi data, bahkan pegawai non ASN wajib mengupload kinerja setiap hari di aplikasi secara on time. Tidak bisa berbohong untuk tidak bekerja, ungkap Kadis Sosial Putu Kariaman yang menyatakan istilah meminjam kata “tidak ada dusta diantara kita”,  tambahnya.

 

Kadis Sosial yang didampingi Sekretarisnya, juga menyatakan aplikasi ini sangat efektif, silahkan kalau mau diadopsi atau direflikasi oleh semua Perangkat Daerah, apalagi menggunakan server sendiri yang murah dan mudah, tidak tergantung server yang ada di Kominfosanti, ungkapnya.


Selama ini untuk absensi dan kinerja pegawai Non ASN dilingkungan Pemkab Buleleng, memang belum tersentuh melalui g-absen atau g-kinerja, masih menggunakan sistem manual. Dengan keberadaan aplikasi yang dimiliki oleh Dinas Sosial ini, setidaknya bisa diadopsi dan direflikasi oleh semua perangkat daerah, sehingga mampu melihat disiplin dan kinerja pegawai Non ASN. #Roy.