(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Beragam Inovasi Di Desa Sawan, Bebetin, Sekumpul, dan Sudaji

Admin balitbang | 08 November 2023 | 754 kali

Rabu, 8 Nopember 2023 Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan monitoring pendataan inovasi dan Kekayaan Intelektual (KI) di Kecamatan Sawan. Desa yang dikunjungi diantaranya Desa Sawan, Bebetin, Sekumpul, dan Sudaji. Monitoring diwakili Analis Kebijakan, I Gede Suardika, SE., M.Pd., dan Putu Adhi Wicaksana Indra Saputra, S.Kom., M.Kom., serta pelaksana Made Adi Suradnya dan Made Arya Mertada.

 

Dari Kantor Camat Sawan didampingi Kasi Pelayanan, Made Susilawati. Di Desa Sawan, data yang ada untuk Hak Kekayaan Intelektual yang diverifikasi adalah Upacara Nyapah. Upacara ini dilaksanakan setiap setahun sekali oleh seluruh krama Desa Sawan. Selain itu ada juga Pande Gong Besi yang telah terkenal di Buleleng, dengan pengrajin Made Suanda. Untuk data inovasi di Desa Sawan ada pembibitan jamur yang dikembangkan oleh Ketut Jamarta.

 

Di Desa Sekumpul, diterima Kasi Kesra Komang Ermawan. Data KI yang diverifikasi adalah ekspresi budaya berupa Upacara Ngerebeg, dan Tradisi Upacara Mageburan. Sedangkan untuk inovasi adalah waterfall sekumpul, Kopi Hitam Sekumpul dan Kopi Basuki.


Di Desa Sudaji diterima Perbekel, Made Ngurah Fajar Kurniawan. Untuk KI Ekspresi Budaya adalah upacara Bukakak yang dilaksanakan setiap setahun sekali pada bulan Juli. Untuk kategori ekomoni mikro berupa pembuatan juruh (gula aren cair) dan pembuatan gula aren Sudaji. Pada tahun 2023 gula juruh Sudaji telah diverivikasi dari Kemenhumkan untuk usulan KI. Sedangkan inovasi yang dikembangkan oleh desa adalah inovasi desa wisata yang dikelola oleh pokdarwis yang bekerjasama dengan Bumdes. #Igs.