(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Potensi Inovasi Di Desa Pengastulan, Bubunan, dan Kelurahan Seririt

Admin balitbang | 25 Oktober 2023 | 675 kali

Rabu, 25 Oktober 2023, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng  melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Pengastulan, Bubunan, dan Kelurahan Seririt Kecamatan Seririt, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

 

Di Desa Pengastulan, diterima oleh Kelian Dusun setempat, mengingat letak geografis desa yang memiliki wilayah pantai yang luas menjadikan mata pencaharian didesa adalah nelayan dan pengolahan ikan. Ada satu usaha yang dilakukan secara berkelompok yaitu ikan asap, dan tanpa disadari usaha yang mereka lakukan ini merupakan inovasi desa. Sesuai dengan hasil diskusi diperoleh istilah sementara, yaitu “Kansap” yang artinya Ikan Asap Pengastulan. Ini dikatakan inovasi desa dikarenakan usaha yang mereka lakukan hanya bisa diproduksi di desa ini saja.

 

Di Desa Bubunan, Drs. Ketut Gunarsana selaku Kepala Desa menjelaskan tentang potensi desa setempat. Sesuai penjelasannya, ada sebuah inovasi Desa Bubunan “Bersinar” (Bersih dari Narkoba). Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, sebab kegiatan ini memberikan pembinaan kepada para mantan pengguna narkoba di desa. Kegiatan ini juga sudah bekerjasama dengan BNN, Kepolisian, dan Bumdes setempat, bahkan sudah dibuatkan Perdesnya, sehingga segala kegiatan bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku.


Gusti Putu Sugiro, S.Sos., M.A.P., selaku Lurah Seririt menyampaikan inovasi yang telah dilaksanakan, yaitu Seririt Fishing Tournament (lomba memancing). Kegiatan ini sudah dilaksanakan dua kali di seputaran pantai di Seririt. Kegiatan juga disandingkan dengan apresiasi seni dari muda-mudi setempat, dengan tujuan melatih mental dalam mengapresiasikan aktifitas seninya kepada masyarakat. Pada kegiatan ini segaligus mempromosikan potensi unggulan dan UMKM yang ada di Kelurahan Seririt. #Wck.