(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Puskesos GCT Dinas Sosial Tetap Jadi Andalan

Admin balitbang | 20 November 2023 | 533 kali

Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melalui Bidang Inovasi dan Teknologi (Intek), terus melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng. Monev ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan nilai Indeks Inovasi Daerah (IID)  yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Hasil monev di tiga Perangkat Daerah hari ini Senin (20/11), yakni Bappeda, Dinas Sosial, dan Dinas Kebudayaan.

 

Beberapa proyek perubahan (proper) yang dilakukan di beberapa Perangkat Daerah, selama ini belum dilaksanakan sepenuhnya, seperti di Bappeda dan di Dinas Kebudayaan. Tidak dilaksanakan proper itu karena situasi dan kondisi yang tidak memumgkinkan,  bahkan belum tersedianya anggaran untuk penyempurnaan aplikasi. Seperti aplikasi Sistem Informasi Surat Pengesahan Lembaga (SISUPEL) inovasi milik Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

 

Sementara Di Dinas Sosial sangat konsisten dalam penerapan inovasi yang dibuat, termasuk pelaksanaan kegiatan proper. Menurut salah seorang operator Pusat Kesejahteraan Sosial Gesit, Cepat, Tanggap (Puskesos GCT), inovasi ini sangat konsisten dilaksanakan karena sangat berdampak kepada efektivitas pelayanan yang diberikan Dinas Sosial, baik menyangkut penyaluran bantuan maupun program unggulan lainnya.

 

Selain itu, inovasi terbaru Dinas Sosial adalah penerapan aplikasi e-kinerja dan absensi yang sudah diberlakukan di dinas setempat. Aplikasi  ini dilakukan dalam rangka melakukan absensi kerja masuk maupun pulang kantor, khusus untuk tenaga Non ASN yang berbasis lokasi dan foto, sehingga sangat sulit untuk dimanipulasi. Selain itu, aplikasi ini juga untuk upload kinerja harian pegawai Non ASN.


Kepala Bidang Intek, Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana, ST., M.A.P., dalam arahannya sesaat sebelum melakukan monev, lebih banyak menekankan kepada penggalian karya inovasi  dikalangan perangkat daerah, sehingga mampu mengangkat nilai Indek Inovasi Daerah. Semakin banyak karya inovasi dikalangan perangkat daerah, maka  akan semakin meningkatkan pula nilai Indek Inovasi Daerah, ungkapnya mengakhiri arahan. #Roy.