(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Konsultasi Publik I KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Gerokgak

Admin balitbang | 16 November 2022 | 183 kali

Rabu, 16 Nopember 2022, Peneliti Ahli Muda Balitbang Inovda Buleleng, Made Anik Widyastuti, S.T.,M.M., menghadiri rapat Konsultasi Publik I KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Gerokgak di Dinas PUTR Kabupaten Buleleng. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Kabid Tata Ruang dan Bina Konstruksi, Gede Ngurah Dharma Seputra, S.T.,M.A.P., mewakili Kepala Dinas PUTR yang didampingi oleh Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup. Peserta rapat dari perwakilan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali Nusra, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup,  Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Perkimta, Dinas Pariwisata, Perumda Tirta Hita, Direktur Bank Sampah Induk “E-Darling” MDA Kabupaten Buleleng.


Rapat ini merupakan tindaklanjut dari rapat yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan target penyepakatan isu strategis prioritas PB, Klarifikasi Dampak KRP dan Penyepakatan KRP Terpilih. Berdasarkan hasil penjaringan isu pada FGD, diperoleh 211 isu PB, kemudian difilter dan diperoleh 4 isu prioritas. Sesuai hasil rapat, disepakati 5 isu strategis paling prioritas, yaitu a) Alih fungsi lahan, b) Penataan dan pengelolaan kawasan budidaya perikanan dan kelautan, c) Pengelolaan sampah, limbah dan limbah B3, d) Bencana alam dan kerusakan lingkungan, dan e) Pemanfaatan dan distribusi air. 


Berdasarkan hasil desk perumusan KRP teridentifikasi 286 KRP pada RDTR Kawasan Perkotaan Gerokgak, kemudian difilter menjadi KRP strategis dan disepakati menjadi 6, yaitu a) Jaringan jalur kereta api antar kota, b) Saluran udara tegangan tinggi, c) Pembangunan GOR terpadu, d) Zona Pariwisata, e) Zona Perumahan, dan f) Sub Zona Perikanan Budidaya. (#Anw).