(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Budidaya Jeruk Keprok Tejakula Target 10 Ton Pertahun

Admin balitbang | 03 Mei 2024 | 1255 kali

Hari ini Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Kabid Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, SE., ME., menghadiri diskusi budidaya sehat jeruk keprok Tejakula  untuk percepatan pertumbuhan, peningkatan produksi dan kualitas buah, Jumat (3/5).

Acara dipimpin Camat Tejakula I Gede Suyasa, SP., dengan dihadiri Kepala BRIDA Propinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si., Plt Sekdis Pertanian,  OPD dari propinsi, Bappeda, Penyuluh Pertanian serta petani jeruk di Tejakula.

Kepala BRIDA menyatakan bahwa salah satu  produk unggulan yang dilauncing oleh Kementerian Pertanian adalah jeruk. Sampai  saat ini vektornya sudah tidak ditemukan lagi  pada inang tumbuhan jeruk, sehingga perlu  diteliti lebih lanjut terkait penyakit jeruk. Temuan lainnya adalah lalat buah yang diperlukan upaya penanganannya. 

Tahun ini sedang diuji coba SOP penerapan budidaya jeruk sehat. Dengan target SOP diantaranya; pertumbuhan pohon dengan tajuk  rimbun melalui pola pencabangan 1-3-9; produktifitas 10 ton/ha/tahun dengan usia  pohon di atas 5 tahun; buah bebas burik, ngapas, dan kusam; warna kulit buah kuning  oranye keemasan; tingkat kemanisan buah  kisaran 10-12 derajat; dan entuk buah bulat.

Di samping lalat buah, ditemukan penyakit lain yang masih dalam penelitian, dan dugaan awal  adalah penyakit fisiologis (kekurangan atau  kelebihan zat tertentu). #Ngr.