(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

PPI Bali 2023-2026 Diharapkan Lebih Kritis Hadapi Tantangan

Admin balitbang | 30 November 2023 | 682 kali

Kamis, 30 Nopember 2023 bertempat di Aula Taman Asoka Universitas Negeri Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, diselenggarakan Pengukuhan Pengurus Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Provinsi Bali Periode 2023-2026. Acara ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Wilayah Bali Indonesian Researcher Union, dengan dihadiri oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah se-Bali, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se-Bali, dan Periset dari BRIN.

 

Acara diawali dengan penandatanganan pakta integritas pengurus secara simbolis, dan penyerahan bendera PPI serta penyematan pin PPI. Ketua Perhimpunan PPI Bali, dr. I Gusti Komang Dana Arsana, menyampaikan bahwa para Periset yang tersebar diseluruh Bali, melalui BRIDA yang tersebar di kabupaten, harus bisa menanggapi secara kritis terkait kebijakan yang dibuat pimpinan. Apabila mengandung tujuan yang berdampak negatif, agar kedepannya Periset mampu meluruskan dan memeberikan kajian atau pertimbangan secara lisan maupun tertulis, untuk menghasilkan kebijakan yang memberikan dampak positif di daerah.

 

Seiring perkembangan waktu, dimana wilayah jalur hijau yang mulai dihapuskan, dan menjamurnya pembangunan di lahan pertanian produktif, merupakan tantangan Periset Bali untuk mampu memberikan solusi serta memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat dan kondisi lahan pertanian yang semakin sempit.


Melalui kolaborasi antara BRIN, Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi diharapkan mampu menghasilkan kebijakan, rekomendasi, dan keputusan yang optimal demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bali, serta mampu meningkatkan daya saing di daerah. #Wck.