(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

FGD Kajian Rekonstruksi Model Desa Wisata Traditional Balinese Life

Admin balitbang | 30 Agustus 2022 | 111 kali

Selasa, 30 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD I) Kajian Rekonstruksi Model Desa Wisata Traditional Balinese Life Pada Desa Bali Aga di Kabupaten Buleleng.

 

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Bapak Made Suharta, S.Kom.,M.AP., dan sebagai Narasumber Bapak Dr. Nengah Swastika, S.Pd.,M.Pd., yang merupakan Tenaga Ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha dengan peserta dari Staf Ahli Bupati, Dispar, DPMD, Bappeda, Tim Pengendali Mutu dari Undiksha dan Unipas, Camat Banjar dan Para Perbekel Desa Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Banyuseri  (SCTPB) serta Para Kepala Bidang dan Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Muda Bidang Sospem Balitbang Inovda.

 

Suharta dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan. Pada hari ini dilaksanakan FGD pertama yang mana kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari laporan study pendahuluan dan dilanjutkan dengan pengumpulan, pengolahan dan analisis data. Pada FGD ini disampaikan laporan sementara hasil kajian penelitian yang telah dilaksanakan dengan harapan mendapatkan saran dan masukan dari perserta rapat untuk penyempurnaan hasil kajian. 

Dalam paparan, Nengah Suastika menyampaikan hasil analisis data di Desa SCTPB terkait model desa wisata, nilai-nilai, tradisi dan keyakinan masyarakat SCTPB dan analisis aktifitas masyarakat. Selanjutnya dilaksanakan diskusi guna mendapatkan saran dan masukan untuk menyempurnakan hasil kajian. (Sucika).