(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Penyamaan Persepsi Awal Kajian Pengelolaan Parkir di Buleleng

Admin balitbang | 18 Januari 2024 | 928 kali

Kamis, 18 Januari 2024 Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan rapat penyamaan persepsi awal penyusunan kajian pengelolaan parkir di Kabupaten Buleleng. Rapat dipimpin oleh Kabid Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, M.E., mewakili Kepala Balitbang Inovda dan dihadiri oleh Kabid Prasarana dan Transportasi Dinas Perhubungan beserta Kasi Parkir, Tenaga Ahli Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja serta Tim Persiapan Swakelola.

 

Rapat dilaksanakan untuk menyamakan maksud dan tujuan penyusunan kajian, sehingga dalam pelaksanaan penyusunannya dapat menjawab permasalahan terkait perparkiran. Dalam rapat dilakukan penggalian data awal oleh tenaga ahli untuk memperoleh gambaran permasalahan terkait parkir yang terjadi di Kabupaten Buleleng. Di samping itu juga dilakukan diskusi terkait administrasi kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan.

 

Kajian Pengelolaan parkir akan dilaksanakan melalui swakelola tipe II bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha. Tahap persiapan pekerjaan dimulai dari Januari sampai dengan Februari 2024, sedangkan tahap pelaksanaan pekerjaan akan dilaksanakan mulai Maret sampai Juni 2024 selama 4 bulan.


Beberapa kesepakatan awal, diantaranya; parkir terdiri dari pajak parkir dan retribusi parkir; retribusi parkir terdiri dari retribusi parkir tepi jalan umum, dan tempat khusus parkir; Dinas Perhubungan mengelola retribusi parkir sedangkan pajak parkir dikelola BPKPD; data-data pendukung kajian khususnya terkait retribusi parkir akan disampaikan oleh Dinas Perhubungan selaku pengusul kajian; dan Draft KAK yang disusun sudah sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai perangkat daerah pengusul, hanya terdapat sedikit koreksi pada sasaran penelitian. #Anw.