(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

BRIDA Bali inginkan tahun ini minimal 10 Sertifikat Hak Cipta dari Buleleng

Admin balitbang | 11 November 2022 | 75 kali

Kebijaksanaan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Propinsi Bali dalam memfasilitasi Hak Kekayaan Intelektual, nampaknya memberikan peluang bagi daerah lain untuk memanfaatkan kondisi ini. Bahkan BRIDA Bali menantang Kabupaten Buleleng melalui Balitbang Inovda untuk setidaknya sampai akhir tahun ini bisa mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual masyarakat terutama yang menyangkut Hak Cipta. Silakan kami  tunggu sampai pertengahan bulan Desember, Buleleng daftarkan hak cipta masyarakat minimal 10 hak cipta dengan anggaran dari BRIDA Bali, ungkap Kasubid/Analis Penelitian Substansi Pendaftaran dan Pemeliharaan KI Brida Bali, Bayupati, ketika menerima koordinasi Sub Bidang Diseminasi Balitbang Inovda Buleleng, Roy Astika di ruang kerjanya, hari ini 11/11.

Bayupati menegaskan, masih tersedianya anggaran di BRIDA Bali untuk fasilitasi HKI, silakan Buleleng manfaatkan ini, katanya dengan serius. Selain menyangkut kekayaan personal, Bayupati mengharapkan kekayaan komunal juga menjadi prioritas. Potensi alam Buleleng sangat beraneka ragam, bahkan memiliki keunikan dan ciri khas sendiri, diharapkan segera bisa didaftar melalui Direktorat Jendral Hal Kekayaan Intelktual, tambahnya. Seperti Duren Kiraja, Mangga Amplemsari, termasuk menyangkut ekspresi budaya tradisional, seperti upacara Bukakak, Megoak-goakan, dan sejenisnya.

Bayupati mengajak sinergi Balitbang Inovda dan BRIDA Bali senantiasa terjalin untuk koordinasi efektif dalam memberikan perlindungan Kekayaan Intelektual Buleleng. Ia menyatakan Sertifikasi Kekayaan Intelektual sangat penting, disamping meningkatkan nilai ekonomis, juga lebih peluang untuk bisa mengikuti pameran baik diajang nasional maupun internasional. Salah satu contohnya pada kegiatan internasional G20, UMKM yang bisa mengikuti ekspo atau tampil di ajang internasional ini adalah UMKM yang sudah memiliki sertifikasi HKI.

Koordinasi selain tentang fasilitasi HKI, juga koordinasi persiapan Sosialisasi HKI Balitbang Inovda yang akan dilaksanakan tanggal 15 Nopember di Hotel Banyualit. Koordinasi Dari Balitbang Inovda diikuti, staf Agung Intan, dan Adi Suradnya. (#Roy).