(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Masukan Pj. Bupati Buleleng Terhadap Kajian Kelitbangan 2023

Admin balitbang | 29 Januari 2024 | 951 kali

Kepala Balitbang Inovda Buleleng, Made Supartawan bersama Sekretaris, Made Suharta, para Kabid, Perencana, dan Analis Kebijakan menghadiri undangan pemaparan hasil kajian kelitbangan tahun 2023, di Rumah Jabatan Bupati Buleleng (29/1). Acara dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana dan dihadiri oleh para Kepala SKPD yang berhubungan dengan kajian tersebut.

 

Tahun 2023, Balitbang Inovda melaksanakan penyusunan 5 kajian dan 4 naskah akademik, diantaranya; Analisis Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak dan Bangunan di Kabupaten Buleleng; Strategi Kebijakan Penanggulangan Stunting Melalui Pendekatan Holistik dan Terintegrasi di Kabupaten Buleleng; Pemetaan Database Rawan Konflik Kabupaten Buleleng; Optimalisasi Pengembangan BUM Desa di Kabupaten Buleleng Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa; dan Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Buleleng.

 

Sedangkan 4 Naskah Akademik diantaranya; Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng; Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyertaan Modal Daerah Pada Badan Usaha Milik Daerah; Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penanggulangan Bencana; dan Naskah Akademik Ranperda Kabupaten Buleleng Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat.


Dalam arahannya, Pj. Bupati menghimbau agar setiap SKPD yang mengajukan kajian, membaca kebijakan yang ada supaya hasil kajian sesuai dengan aturan terbaru dari Pemerintah Pusat. Lihadnyana juga menambahkan supaya tahun ini Pemerintah Kabupaten Buleleng mengikuti amanat pusat terkait pemberian insentif dan kemudahan investasi. #Yun.