(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Sosialisasi Aplikasi IKKD Kemendagri

Admin balitbang | 16 November 2022 | 246 kali

Rabu, 16 Nopember 2022 Kemendragri melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) melalui zoom meeting, dengan dibuka oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Bapak Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd. Peserta sosialisasi diikuti oleh seluruh provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia dari unsur Bappeda Litbang. Khusus Balitbang Inovda Buleleng diwakili Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E.


IKKD bertujuan untuk; 1) mengukur dan menilai kepemimpinan kepala daerah dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah; 2) menetapkan kepala daerah terbaik dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah; 3) memberikan penghargaan kepada kepala daerah terbaik dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah; 4) melakukan publikasi atas hasil pengukuran dan penilaian kepemimpinan kepala daerah; dan 5) memotivasi kepala daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

IKKD diukur dan dinilai melalui 2 (dua) variabel, meliputi; a) kinerja pemerintah daerah; dan b) kepemimpinan kepala daerah, masing masing variable terdiri dari beberapa indikator. Sosialisasi aplikasi dilakukan oleh tim pada kesempatan itu dibuka juga sesi diskusi dan Tanya jawab. Lebih lanjut pemerintah pusat membuka peluang bagi daerah yang hendak diskusi terkait aplikasi. (#Ngr).