(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Diseminasi Komoditas Produk Jenis Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Provinsi Bali

Admin balitbang | 25 Januari 2022 | 282 kali

Desiminasi diselenggarakan di Hotel The Apurva Kempinski Bali Nusa Dua, Selasa, 25 Januari 2022. Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan BI provinsi Bali,  BPS Provinsi  Bali serta OPD terkait Provinsi Bali,  Balitbang Inovda Buleleng, dan Bappeda Buleleng.

Penelitian ini dilaksanakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan UNDIKNAS. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui potensi KPJU unggulan di Bali, mengetahui potensi potensial di Bali, dan mengetahui profil produk unggulan UMKM.

Penelitian dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-bali sebanyak 35 kecamatan di seluruh bali. Khusus di Kabupaten Buleleng sampel sebanyak 6 (enam) kecamatan, yaitu Tejakula,  Kubutambahan, Buleleng, Sukasada, Banjar, dan Busungbiu. Penelitian dilaksanakan dengan metode bayes, borda, analytic hierarchy prosess. Untuk dapat menentukan KPJU unggulan lintas sektor ekonomi di tingkat kabupaten/kota, perlu ditentukan bobot dari masing-masing sektor ekonomi tersebut.

Pembobotan ini dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Dengan demikian, pembobotan di tingkat kabupaten/kota bertujuan untuk menentukan bobot sektor ekonomi yang akan digunakan untuk penetapan KPJU unggulan lintas sektoral di tingkat kabupaten/kota. Pembobotan dilaksanakan melalui wawancara di tingkat kabupaten/kota.

Dari hasil penelitian KPJU unggulan di Kabupaten Buleleng ada lima pruduk, yaitu mangga,  pisang, sapi,  kopi dan cengkeh. Sementara KPJU potensial yaitu babi, durian, dodol/jajan tradisional,  dan gula aren Pedawa. (Ngurah/Balitbang/22).