(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Pembahasan Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Buleleng

Admin balitbang | 27 Oktober 2022 | 146 kali

Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan rapat Pembahasan Laporan Pendahuluan Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng, pada hari ini Kamis, 27 Oktober 2022 di ruang rapat.

Rapat dipimpin oleh bapak Sekretaris, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., dan dihadiri oleh tim tenaga ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, yaitu Dr. I Nengah Suastika, M.Pd., Dr. I Nengah Suarmanayasa, S.E.,M.Si., A.A. Istri Dewi Adhi Utami, S.Pd, M.Pd., dan Dr. Made Sugi Hartono, S.H.,M.H. Adapun peserta perwakilan dari Bappeda, Dinad Dagperinkop UKM, DPMPTSP, Camat se-Kabupaten Buleleng, Kepala Bidang Ekbang serta para peneliti ahli muda bidang Ekbang Balitbang Inovda.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya rapat adalah untuk menjaring masukan dan saran dari peserta rapat untuk penyempurnaan dalam penyusunan kajian. Paparan dilakukan oleh Dr. I Nengah Suastika, dimana tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisa dan memformulasi profil usaha dan kemasan produk yang relevan dengan kebutuhan UMKM. Selain itu juga untuk menganalisa transformasi digitalisasi yang relevan dengan kebutuhan pelaku UMKM, dan memformulasi keterampilan IT yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, untuk dapat melakukan pemasaran secara online. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Buleleng dapat memformulasikan model kebijakan digitalisasi UMKM di Buleleng. (Eka).