(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda Kembali Kunjungi Inovasi di Daerah Baliaga

Admin balitbang | 26 Februari 2024 | 947 kali

Senin, 26 Pebruari 2024 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan I Gede Suardika dan I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra kembali melaksanakan monitoring dan evaluasi persiapan lomba inovasi 2024. Monitoring juga didampingi oleh Camat Banjar, dan Perbekel Desa setempat. Lomba diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pasal 88 ayat (1) yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk berperan serta dalam melaksanakan kegiatan penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan Inovasi Teknologi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

 

Adapun Inovasi yang dikunjungi adalah Balawa dari Desa Pedawa yang merupakan daerah Baliaga di Buleleng. Inovasi ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 dan berkelanjutan hingga sekarag. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai fasilitator dalam kesiapan keikutsertaan Kerthi Bali Swacitta Nugraha, terutama bagi pengusul dalam mengajukan hasil karya kreativitas dan inovasi mereka sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh panitia. Tujuan pemberian anugerah adalah untuk memberikan penghargaan kepada warga negara/masyarakat, baik secara perorangan ataupun kelompok yang telah mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang teknologi, dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buleleng. Sasaran penganugerahan ini adalah meningkatkan kepedulian serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menghasilkan dan memanfaatkan inovasi teknologi untuk mendukung kegiatannya, sehingga dihasilkan produk yang berdaya saing.


Melalui kegiatan ini, Camat Banjar I Made Mardika sangat mengapresiasi inovasi kelompok masyarakat yang keanggotaannya rata-rata remaja, dan aktif dalam kegiatan sosial lainnya. Kepala Desa Pedawa memberikan peluang kepada inovator untuk berkompetisi demi mengharumkan dan mempromosikan Desa Pedawa. Atas dukungan dari berbagai pihak, Inovasi Balawa bersedia untuk ikut serta mewakili Kabupaten Buleleng. #Wck.