(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Hadiri FGD Pemetaan Desa Wisata Bali Aga di Buleleng

Admin balitbang | 24 September 2022 | 293 kali

Sabtu, 24 September 2022, bertempat di Lovina Beach Club & Resort, Balitbang Inovda Buleleng menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Desa Wisata Bali Aga di Kabupaten Buleleng. Acara ini dibuka oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Bapak Vensensius Jemadu.

Ada 4 narasumber dalam FGD, diantaranya; 1) Dinas Pariwisata, Bapak Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Sos.,M.Si. 2) LPPM Undiksha, Ibu Putu Indah Rahmawati, SST.PAR, M.BUS, Ph.D., 3) Kepala Badan Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, Bapak Drs. Made Supartawan, M.M., 4) Praktisi Pariwisata, Prof. Dr. Gede Pitana, M.Si.

Acara dihadiri oleh unsur pemerintahan, diantaranya; Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kebudayaan, Dinas Pertanian, Dinas PUTR, Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM, Dinas Komunikasi, informatika, Persandian dan Statistik, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, BPKPD, Bappeda, Camat Banjar, Camat Sawan, Kepala Bagian Hukum Setda, Kepala Bagian Pemerintahan Setda. Dari unsur pengelola Desa Wisata; Perbekel Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, Banyuseri dan Sudaji. Sedangkan dari unsur Akademisi dan Organisasi dihadiri LPPM Undiksha, Ketua BPPD dan Ketua ASITA Kabupaten Buleleng.

Adapun hasil yang diperoleh yaitu; 1) Perlunya bantuan infrastruktur dalam menunjang aktivitas wisatawan yang lebih luas dan nyaman; 2) Desa memerlukan bantuan Pemda untuk pengembangan dan penataan objek wisata yang ada di desa, seperti akses jalan dan fasilitas wisata; 3) Untuk menambah daya tarik wisatawan perlu adanya story telling, marketing dan netwoking. (Adt).