(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Koordinasi Awal BRIN Dalam Kajian Produk Unggulan Kopi Arabika dan Robusta

Admin balitbang | 15 Februari 2024 | 877 kali

Kamis, 15 Pebruari 2024 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng mengikuti koordinasi awal pelaksanaan Kajian Kebijakan Pengembangan dan Disversifikasi Produk Unggulan Kopi Arabika dan Robusta, melalui zoom meeting di ruang rapat setempat.

 

Kegiatan diagendakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) - Direktorat Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah, yang pada hari ini diwakili oleh Dimas Triwibowo, ST., dan dihadiri langsung oleh Kepala Balitbang Inovda Drs. Made Supartawan, MM., serta perwakilan Bappeda Buleleng, Dinas Pertanian Buleleng, Disdagperinkop UKM Buleleng serta Kabid Ekbang dan Analis Kebijakan Ahli Muda Lingkup Balitbang Inovda.

 

Fokus pada kajian kebijakan yaitu Kolaborasi BRIN dan Pemkab Buleleng dalam Penguatan Ekosistem Riset dan Inovasi Untuk Pengembangan Produk Unggulan. Tujuannya yaitu Penciptaan Kondisi dimana seluruh stakeholder didaerah dan pusat dapat bekerjasama memanfaatkan hasil riset dan inovasi untuk pembangunan daerah. Sehingga daerah bisa melaksanakan riset ataupun kerjasama yang sesuai dengan kebutuhan pengguna baik masyarakat, pelaku usaha maupun pemerintah. Inovasi hasil riset dapat termanfaatkan untuk pencapaian pembangunan daerah, peningkatan daya saing daerah, penyelesaian masalah strategis dan perbaikan pelayanan publik di daerah.

 

Jika disimpulkan, kajian kebijakan ini diupayakan supaya hasil-hasil riset yang sudah dilaksanakan oleh perguruan tinggi, pemda, masyarakat dan lembaga riset lainnya serta infrastuktur riset daerah yang ada seperti pusat inovasi, laboratorium, balai penelitin, inkubator bisnis ini bisa dimanfaatkan oleh daerah oleh pengguna, sehingga dapat tercapinya tujuan pembangunan daerah. Selain itu juga bisa meningkatkan perkonomian, bisa menjawab permasalahan-permasalahan didaerah. Tema kali ini dipilih “Penguatan riset inovasi untuk produk unggulan kopi arabika dan robusta”.


Selanjutnya dilaksanakan konfirmasi data/singkronisasi atas pelaksanakan kebijakan pusat dan daerah yang sudah dilaksanakan terkait pengembangan kopi. Kondisi rill pelaksanaan kebijakan pusat terkait pengembangan kopi, Kebijakan provinsi terkait pengembangan kopi, Kebijakan Daerah Kabupaten Buleleng terkait pengembangan kopi dan kajian pendukungnya. Diantaranya program dan kegiatan pengembangan kopi dan dokumen RPJMD, Renstra Pertanian, Renstra Litbang, RKPD-APBD 2024, fasilitas/infrastuktur pendukung seperti pusat kopi, fasilitas produksi bersama yang sudah ada dan Kerjasama Riset dan Inovasi terkait Pengembangan Kopi yang sudah dilaksanakan. #Sck.