(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Dampak Kajian Strategi Penanggulangan Stunting di Buleleng

Admin balitbang | 18 Desember 2023 | 636 kali

Senin, 18 Desember 2023 Analis Kebijakan Bidang Sosial dan Pemerintahan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng, I Nyoman Pande Sumertha, S.E., bersama tim melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait tindaklanjut hasil penyusunan Kelitbangan Tahun 2023. Adapun Perangkat Daerah yang dikunjungi hari ini, yaitu Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Buleleng.

 

Monitoring dilaksanakan terkait tindaklanjut atas Hasil Kajian Strategi Kebijakan Penanggulangan Stunting Melalui Pendekatan Holistik dan Terintegrasi di Kabupaten Buleleng. Tim Monitoring Balitbang Inovda diterima oleh Sekretaris Dinas P2KBP3A, Nyoman Suyasa, SE., M.AP. Sesuai penjelasannya bahwa hasil Kelitbangan sudah ditindaklanjuti dengan melakukan pencegahan dari hulu melalui pendampingan Catin (Calon Pengantin), ibu hamil, pascasalin, balita dan baduta. Hal ini bermanfaat atas kehadiran posyandu yang meningkat serta pendataan catin meningkat.

 

Dinas P2KBP3A juga sudah menuangkan dalam Program Kegiatan 2024, yaitu pada program Pengadaan Sarana Kelompok Kegiatan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (BKB, BKR, BKL, PPKS, PIK-R, UPPKS). Penyediaan Biaya Operasional bagi Pengelola dan Pelaksana (Kader) Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (BKB, BKR BKL, PPKS, PIK-R, Pemberdayaan Keluarga). Advokasi Program KKBPK kepada stakeholder dan mitra kerja. Pengendalian Program KKBPK dan Pelaksanaan Mekanisme Operasional Program KKBPK, melalui Rapat Koordinasi  Kecamatan (Rakorcam), Rapat Koordinasi Desa (Rakordes), dan Mini Loka Karya.


Selain itu, Dinas P2KBP3A telah melaksanakan koordinasi dengan stakeholder terkait, diantaranya; Dinas Kesehatan, PUPR, Dinas Sosial, RSUD, DPMD, dan Desa Adat di Kabupaten Buleleng. Dalam tindaklanjut hasil Kelitbangan ini, kendala ditemui pada pendataan catin, karena banyak masyarakat yang tidak melaporkan rencana perkawinannya. #Sck.