(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

PERSIAPAN PENGEMBANGAN WILAYAH FISIK DAN PRASARANA

Admin balitbang | 24 Juli 2020 | 194 kali

Balitbang Buleleng hari ini (24/7) melaksanakan Rapat Persiapan Penyusunan Kajian Konsep Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana, yang dipimpin oleh Bapak Kepala Badan (dr. Gede Wiartana, M.Kes) serta didampingi oleh Plt Kabid Ekonomi dan Pembangunan (I Gede Suyasa, SP). Rapat diikuti oleh SKPD  lingkup koordinasi Sub Bidang Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana, yaitu dari Bappeda, Dinas PUTR, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, (Disperkimta), Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik serta tenaga ahli peneliti dari Undiksha Singaraja.

 

Rapat dilaksanakan dalam rangka menjaring masukan dari SKPD terkait kajian-kajian yang perlu dukungan dari Balitbang terutama pada Sub Bidang Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana. Beberapa tema kajian yang disampaikan SKPD diantaranya rencana pengembangan transportasi untuk mendukung rencana pembangunan bandara, kajian perparkiran, naskah akademis terkait dokumen tata ruang, kajian air minum, air limbah, perlindungan pohon, kajian tematik RTH, permukiman kumuh, peraturan terkait penyerahan prasarana utilitas perumahan ke pemda, pemetaan area blank spot.

 

Beberapa judul kajian yang sudah disampaikan SKPD tersebut  akan dikompilir dan akan dilakukan perangkingan sesuai skala prioritas. Untuk lokasi kajian tahun 2020 akan diprioritaskan pada usulan kajian dari Disperkimta. Terkait judul kajian awal yaitu kajian konsep pengembangan taman kota menjadi taman tematik akan dilakukan koordinasi dengan Disperkimta. Lebih lanjut akan dilakukan koordinasi intens dengan Disperkimta terkait finalisasi judul kajian yang akan dilaksanakan pada tahun ini. (Anik Widyastuti_Balitbang_2020).