(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Persepsi Awal Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK di Buleleng

Admin balitbang | 23 Februari 2024 | 949 kali

Jumat, 23 Pebruari 2024 Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan penyamaan persepsi awal penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Teknokratik sebagai landasan penyusunan RPJMD Kabupaten Buleleng. Acara dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman/gambaran awal terkait penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK, kepada tim yang terlibat dalam penyusunan dokumen tersebut.

 

Acara dilaksanakan secara zoom meeting dengan mengundang narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dalam acara turut hadir Tim Peneliti Undiksha Singaraja, Tim Teknis dari Bappeda, Bagian PBJ Setda, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi UKM serta Tim Persiapan Penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK.

 

Narasumber BRIN, Ir. Atang Sulaeman, M.Si., menyampaikan gambaran tentang penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK. Hasil Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan wajib digunakan sebagai landasan ilmiah dalam perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan, sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasioal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dengan demikian penting melibatkan Balitbang Inovda dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah.

 

Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK berisi pemanfaatan hasil riset dan inovasi yang mendukung pembangunan daerah. Sebagai landasan RPJMD, memuat usulan pengembangan produk unggulan daerah, dan isu-isu kebijakan (potensi dan permasalahan daerah).


Sebagai penutup, Atang menghimbau agar BRIDA membuat sistem informasi riset yang dilakukan di daerah, yang dapat mendukung kebijakan pembangunan di daerah. #Pan.