(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

PRIORITAS KEMENRISTEK TANGANI WABAH COVID-19

Admin balitbang | 07 April 2020 | 163 kali

Profesor Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Riset dan Teknologi menyampaikan prioritas jangka pendek guna menangani covid-19. Diantaranya meningkatkan imunitas tubuh melalui penelitian tanaman herbal, dan pengembangan alat pelindung diri.

 

TVRI Nasional secara langsung menyiarkan konfersi pers Menteri Ristek kemarin (6/4). Menteri Ristek menyampaikan bahwa dari konsorsium akan segera menyerahkan fasilitas kesehatan kepada BNPB untuk mendukung kegiatan rumah sakit. Fasilitas meliputi 4000 botol jel handsanitizer, dan 10 unit mobile handwosher berkapasitas 300 liter. Di sisi lain LIPI sedang melakukan pelatihan tenaga laboratorium untuk penanganan covid-19, LAPAN melakukan broadcast message terkait fisical distancing, dan PUSPITEK akan menyediakan wisma tamu berkapasitas 100 kamar untuk para petugas medis khusus di Tangerang Selatan.

 

Untuk jangka menengah, Menristek menyampaikan akan fokus pada rapid test, baik yang bersifat deteksi awal maupun deteksi akhir, pengembangan suplemen, multivitamin, imun modelator dari berbagai tanaman herbal Indonesia, serta pengembangan robot layanan, pengembangan ventilator dan yang lainnya. Untuk jangka panjang tentunya harus mencari dan mengembangkan obat atau vaksin dari covid-19. Menristek menambahkan, dari kementerian mendanai sebesar 38 miliar rupiah berupa belanja barang khusus untuk melakukan penelitian. (Yan Widya_Balitbang_2020).