(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Persiapan Kajian Strategi Pembangunan Industri dan Digitalisasi UMKM di Buleleng

Admin balitbang | 17 Februari 2022 | 163 kali

Balitbang Buleleng hari ini (17/2) melaksanakan kegiatan rapat persiapan penyusunan Kajian Strategi Kebijakan Pembangunan Industri di Kabupaten Buleleng, dan Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng. Bertempat di Ruang rapat Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, acara dipimpin oleh Bapak Kepala Badan, dr. Gede Wiartana, M.Kes. Rapat dihadiri oleh Tim Tenaga Ahli Universitas Pendidikan Ganesha, Sekdis Dinas Dagperinkop UKM, Ibu Setyawati (perwakilan BLP) selaku tim persiapan pelaksanaan kajian, Kepala Bidang, dan Peneliti Ahli Muda Bidang Ekbang Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng.

Pemaparan proposal untuk dua kajian tersebut dilakukan oleh tenaga ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bapak Dr. I Nengah Suastika, M.Pd. Masing-masing Kajian akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan perencanaan Kajian Strategi Kebijakan Pembangunan Industri di Kabupaten Buleleng akan dilaksanakan terlebih dahulu, yaitu pada bulan April sampai bulan Juni, karena akan digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penyusunan RPIK oleh dinas Dagperinkop UKM. Sedangkan Kajian Pengembangan Kebijakan Digitalisasi UMKM di Kabupaten Buleleng akan dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juli. Untuk hal ini akan ada perubahan terhadap KAK kajian yang telah disusun.

Adapun saran dan masukan disampaikan oleh Bapak Sekdis Dagperinkop UKM yang secara umum mengapresiasi 2 paparan kajian yang dilakukan tim ahli dan berharap rekomendasi kajian tersebut akan bisa diimplementasikan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng, khususnya Dinas Dagperinkop UKM Kabupaten Buleleng. Ibu Setyawati memberikan saran terkait penyusunan KAK Kegiatan selain KAK kajian yang telah disusun oleh tim persiapan Bidang Ekbang. KAK Kegiatan diperlukan untuk memudahkan pemantauan pelaksanaan kegiatan secara administrasi. (Eka Sari/Balitbang/22).