(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Kondisi Terkini IDSD dan IID Kabupaten Buleleng

Admin balitbang | 19 Desember 2023 | 689 kali

Selasa, 19 Desember 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng, diwakili oleh Perencana Yuni Totaliana, SP., didampingi Analis Kebijakan melaksanakan desk di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buleleng, dalam rangka penyusunan target Makro Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2025-2045.

 

Desk ini membahas target yang ingin dicapai pada tahun 2045. Adapun indikator yang menjadi wewenang Balitbang Inovda adalah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD), Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), dan Indeks Inovasi Daerah (IID). Berdasarkan masukan dari Bappeda, agar dalam proyeksi 20 tahun ke depan diupayakan target yang harus dicantumkan minimal mengalami kenaikan 1% per tahun, dengan menyesuaikan kemungkinan kondisi yang ada.

 

Kondisi saat ini, Kabupaten Buleleng berada pada kriteria tinggi dengan nilai 3,43 pada IDSD, dan kriteria inovatif dengan perolehan skor 54,30 pada IID. Melalui data dasar ini, diharapkan perkembangan 5 tahun ke depan mampu meraih nilai yang optimal, dengan tujuan untuk menyempurnakan RPJPD yang sudah disusun. #Wck.