(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Beberapa Rekomendasi Kajian Optimalisasi Pengembangan BUM Desa di Buleleng

Admin balitbang | 22 November 2023 | 593 kali

Rabu, 22 Nopember 2023 bertempat di Ruang Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng, dilaksanakan Rapat Pembahasan Kajian Optimalisasi Pengembangan BUM Desa di Kabupaten Buleleng. Kajian ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa.

 

Kegiatan dipimpin Kabid Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Inovda, I Gusti Ngurah Purnawirawan, M.E., dengan didampingi Tim Pelaksana STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Anak Agung Gede Mahendra Kusuma, S.T., M.M., dan I Nyoman Adi Susila, S.H., M.H. Hadir pula perwakilan instansi terkait, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Bagian Hukum Setda.

 

Dalam acara dibahas rekomendasi yang disusun dan disepakati. Bagi pelaku pengelola BUM Desa atau yang bergelut dibidangnya, disarankan untuk aktif berkomunikasi atau membuat forum komunikasi antara pelaku BUM Desa, minimal satu di kabupaten agar tidak tertinggal informasi.


Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng disarankan mengambil peran sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-Undangan, untuk mengatasi permasalahan BUM Desa dilapangan dalam bentuk produk hukum. Pemerintah Daerah juga sebaiknya mencabut Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. #Sbt.