(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Menggali Potensi Inovasi di Desa Kalisada, Banjarasem, dan Umeanyar

Admin balitbang | 23 Oktober 2023 | 697 kali

Senin, 23 Oktober 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng bersama Staf Perencanaan Kantor Camat Seririt, melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Kalisada, Banjarasem dan Umeanyar Kecamatan Seririt, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

 

Di Desa Kalisada, Wayan Widistra selaku Kepala Desa menjelaskan untuk saat ini komoditi pertanian masih belum optimal, dikarenakan kondisi air sekarang masih belum mencukupi. Pertanian yang ada disini adalah anggur dan padi, sedangkan obyek unggulannya adalah pada sektor kelautan dengan kekayaan bahari yang menyediakan area memancing kepada wisatawan local. Kegiatan ini masih dikelola oleh pokdarwis setempat, hanya saja metode pengembangannya masih belum dibina secara maksimal. Inovasi yang mungkin bisa dikembangkan disini adalah pemanfaatan buah anggur ketika hasil produksi berlebih, dan pengelolaan potensi pantai yang lumayan berlimpah akan sumber daya alam.

 

Di Desa Banjarasem, I Made Sirsa, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Desa menceritakan terkait komoditi unggulan di desa ini, yang kawasan pantainya sudah dimanfaatkan sedemikian rupa melalui kerjasama dengan sekolah setempat untuk melaksanakan clean up diseputaran pantai. Kerjasama juga dilaksanakan dengan TK di desa setempat untuk melakukan pelepasan tukik dengan tujuan melestarikan lingkungan. Di desa ini masih belum terbentuk pokdarwis, sehingga untuk sementara pengelolaan wilayah pantai masih dikelola oleh kelompok nelayan agar kegiatan bisa terlaksana secara optimal dan berkelanjutan. Dari segi pelayanan desa, sedang membangun aplikasi pelayanan surat berbasis android yang merupakan karya dari masyarakat setempat untuk mempermudah dalam proses pelayanan surat menyurat.

 

Terakhir di Desa Umeanyar, Putu Edy Mulyana, S.E., selaku Kepala Desa memaparkan bahwa di desa ini semenjak adanya Warung Segara Mas, potensi desa mulai terekspos. Warung yang dikelola perorangan ini memiliki sebuah usaha yang membudidayakan anggur import. Dalam usaha yang dikelola menyediakan bibit anggur lokal, anggur merah dan anggur hijau, serta mengkhusus pada anggur merah diolah menjadi produk industri rumahan menjadi selai anggur. Alasan menggunakan anggur merah menjadi selai, karena kadar gula pada anggur merah sedikit, sehingga menjadi produk unggulan pada desa tersebut. Kegiatan usaha yang dilaksanakan ini sudah mendapatkan legalitas dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, dan tidak sedikit produknya laku dijual ke luar desa. Sedangkan tenaga kerja dalam melakukan usaha ini melibatkan masyarakat setempat.


Adapun kegiatan dari pokmaswas desa setempat yang beberapa tahun lalu pernah dilaporkan, dan berkelanjutan hingga saat ini masih terus mendapatkan pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali. #Wck.