(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Jembrana Bali Launching Kota Coklat Melalui Chocolate Festival

Admin balitbang | 03 Februari 2024 | 1110 kali

Sabtu, 3 Pebruari 2024 bertempat di Stage Pura Jagatnatha Kota Jembrana, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, M.M., menghadiri acara Launching Jembrana Kota Cokelat dan Intarnational Jembrana Bali "Chocolate Festival" Tahun 2024. Acara mengusung tema "Cobana by Pak Ngah, Cokelat Bahagia Jembrana menuju Jembrana Emas 2026".

 

Kakao Jembrana selama ini dikenal sebagai komoditas unggulan di sektor pertanian dan perkebunan. Bahkan kualitasnya sudah diakui dunia dengan ekspor biji kakao yang berkualitas premium. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jembrana terus berkomitmen mengembangkan kakao Jembrana tidak hanya produksi di hulu, tetapi juga pengembangan di sektor hilir dengan cokelat hasil produksi biji kakao beserta turunan lainnya. 

 

Langkah mengenalkan kakao Jembrana salah satunya dengan mendeklarasikan Jembrana sebagai kota coklat, serta dengan menyelenggarakan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival yang berlangsung selama dua hari, 2 hingga 3 Februari 2024 di Kebun Raya Jagatnatha, Jembrana. Dikenal sebagai penghasil biji coklat fermentasi berkualitas yang telah di ekspor ke sejumlah negara, Pemkab Jembrana tidak ingin hanya produk mentah yang dipasarkan, tetapi juga bisa memproduksi olahan coklat yang siap untuk dinikmati.


Ditambah lagi dengan adanya Rumah Produksi Bersama Cokelat atas bantuan Pemerintah Pusat, kini Jembrana telah siap memasarkan produk olahan coklat yang merupakan bagian hilirisasi produk kakao petani Jembrana. #Wck.