(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Buleleng Segera Dibuatkan Dasar Hukum

Admin balitbang | 19 Desember 2023 | 635 kali

Selasa, 19 Desember 2023 dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Hasil Kelitbangan Tahun 2023 pada Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Inovda Buleleng. Monev dilakukan di Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng, untuk menindaklanjuti penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Buleleng, dengan diterima oleh Fungsional Pranata Komputer Ahli Muda, Ketut Devi Paradika, S.Kom.

 

Secara umum hasil Kajian/Penelitian Arsitektur dan Peta Rencana SPBE sudah dipahami, dan isinya sudah sesuai tujuan yang ingin dicapai. Selain itu juga sudah berpedoman pada peraturan terkait seperti Perpres SPBE, Surat Edaran Menpan RB serta sudah menggunakan aplikasi Abacus, sehingga selaras dengan pusat. Saat ini sebagai tahap awal, kajian sudah ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dengan Bagian Hukum dalam pembuatan dasar hukum (SK Bupati) sebagai dasar implementasi.

 

Pada tahun 2024, setelah adanya dasar hukum akan dilakukan koordinasi ke masing-masing perangkat daerah yang terkait, untuk menindaklanjuti hasil kajian yang tercantum dalam Peta Rencana. Rekomendasi Hasil Kelitbangan akan dituangkan dalam kegiatan/sub kegiatan pada 3 bidang yang terlibat dalam SPBE di Kominfosanti, diantaranya; Bidang Tata kelola dan SDM SPBE; Bidang Infrastruktur dan Layanan SPBE; dan Bidang Persandian dan Statistik. #Anw.