(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Kajian SIDa Buleleng, SKPD Diharapkan Mampu Membuat Inovasi Baru

Admin balitbang | 24 Agustus 2022 | 190 kali

Rabu, 24 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng diselenggarakan Forum Group Discussion (FGD) ke II Kajian Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Buleleng, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, Tim Pengendali Mutu Undiksha dan Tenaga Ahli Undiksha, Tim Persiapan dan Pengawas, Sekretaris, Para Kabid dan Peneliti Ahli Muda lingkup Balitbang Inovda.

 

FGD ini dibuka oleh Ir. Nyoman Genep, M.T., selaku Asisten III Setda Kabupaten Buleleng. Pada sambutannya disampaikan sistem inovasi yang sudah dirancang bisa dirujuk dari Kajian SIDa, sehingga kedepannya SKPD mampu membuat inovasi baru. Inovasi ini ke depan bertujuan menjadi pembaharuan dalam mengoptimalkan serta meningkatkan potensi di Kabupaten Buleleng untuk pembangunan daerah.

 

Pada kesempatan ini, Tenaga Ahli dari Undiksha  Singaraja, Putu Indah Rahmawati berkesempatan memaparkan hasil kajian secara mendetail dari hasil survey yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dengan menyasar seluruh Perangkat Daerah dan Desa di Kabupaten Buleleng, diperoleh data potensi Kabupaten Buleleng, diantaranya pertanian dan perkebunan. Dasar dalam mendukung potensi itu adalah air, dimana air merupakan komponen penting dalam keberlangsungan kehidupan. Perikanan juga menjadi perhatian dalam kajian ini, serta sektor pariwisata yang dimiliki oleh kabupaten Buleleng supaya dikelola dengan baik. Dengan demikian secara otomatis potensi tersebut bisa dijadikan obyek Pariwisata.


Inovasi tidak hanya sekedar pelayanan publik, tetapi juga suatu proses yang bisa mengefisiensikan waktu. Kategori inovasi desa atau masyarakat tidak hanya inovasi dengan menghasilkan produk ataupun penemuan baru, tetapi inovasi yang bisa berpengaruh bagi lingkungan sekitar, dengan memberdayakan sumber daya yang ada, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Inovasi yang bagus adalah inovasi yang mampu meningkatkan PAD. Dari Penelitian yang sudah dibuat perlu dibuatkan Roadmap SIDa, mengingat inovasi yang sudah berjalan agar berada pada rule yang sesuai dengan potensi kabupaten. (Wicaksana).