(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Drs. Made Supartawan. MM. Kepala Badan Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng Baru

Admin balitbang | 24 Maret 2022 | 127 kali

Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng Drs. Made Supartawan .MM , begitu sehari setelah dilantik langsung melakukan pertemuan perdana dengan seluruh pejabat struktural dan Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Muda dilingkungan Balitbang Inovda. Pertemuan selain perkenalan selaku pimpinan baru, dan melihat kondisi kerja Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng. Selain perkenalan juga untuk melihat progres kegiatan Balitbang Inovda sesuai dengan anggaran yang ada, ungkap Made Supartawan mengakhiri arahannya diawal .

Sementara Sekretaris Balitbang Inovda Made Suharta .ST .MAP  dalam kesempatan itu, menyampaikan tentang kondisi Balitbang Inovda baik, pagu anggaran  maupun program kegiatan yang ada di Balitbang Inovda. Anggaran total sebanyak 4 milyar lebih terdiri dari 2 program, 9 kegiatan dan 30  sub kegiatan. Sementara penyerapan anggaran sampai saat ini baru mencapai sekitar 14 persen lebih.Hal- hal lain dijelaskan oleh Sekban menyangkut proses administrasi 10 kajian kelitbangan diungkapkan telah seluruhnya berjalan sesuai dengan rencana.

Mengenai proses pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh masing masing kepala Bidang . Ketut Ariawan Kabid Sospem menjelaskan bahwa kajian kelitbangan didasarkan pada Rencana Induk Balitbang Inovda sesuai peraturan Bupati Buleleng, bekerjasama dengan pihak tenaga ahli dari beberapa perguruan tinggi di Buleleng . Berdasarkan rinduk yang telah disusun itu, kemudian sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kerja- Renja. Ungkap Ketut Ariawan. Proses pelaksanaan kajian diakui oleh Kabid Sospem diawali dengan pengajuan proposal kajian oleh OPD yang ada. Dan proses selanjutnya kajian berjalan dengan melibatkan tenaga ahli . Bidang Sospem untuk tahun 2022 melaksanakan kajian sebanyak 4 kajian terdiri dari 1 kegiatan, dan 3 sub kegiatan. Terdiri dari 2 sektor pariwisata, 1 sektor pendidikan dan 1 sektor tenaga kerja .

Sementara itu Kabid Ekbang Ngurah Purnawirawan menjelaskan program kerja untuk dibidang Ekbang. dilaporkan, untuk kegiatan kajian ada 4 buah kajian  bekerja sama dengan Undiksha dan universitas Udayana terdiri dari sektor UMKM dan industri , lingkungan  hidup dan  dinas PuPR.

Sementara Kabid Intek Mira Triyulia menjelaskan 5 sub kegiatan bidang intek . Ada 2 kajian dibidang intek , terdiri inovasi evektifitas pengelolaan lampu penerangan jalan, dan kajian tentang sistem inovasi daerah. Bahkan beberapa kegiatan yang dikelola oleh bidang intek menyangkut Iga dan lomba kreasi dan inovasi daerah. Selain itu juga menyangkut diseminasi  kelitbangan dan fasilitasi dan sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual, termasuk publikasi Kejurnalan.

Kepala badan Made Supartawan menjelaskan berbagai kegiatan Balitbang inovda sudah berjalan dengan baik, bahkan khusus untuk hasil kelitbangan agar out put kelitbangan benar benar bisa di aplikasikan. Kaban mengharapkan seluruh program kegiatan agar bisa dilaksanakan dengan koordinasi dengan baik, sesuai dengan aturan yang ada.Pertemuan berjalan lancar dan penuh kekeluargaan (Roy/Balitbang/22).