(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Pusdiklat Kementerian Kominfo Bekali Keterampilan "Social Media Analyst" ASN di Buleleng

Admin balitbang | 07 November 2022 | 3526 kali

Guna membekali keterampilan digital para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan pelatihan "Social Media Analyst" secara bertahap diseluruh kabupaten/kota di Indonesia. Dalam pelatihan ini, para ASN diberikan keterampilan khususnya dalam hal analisis media sosial, menggunakan tools yang sesuai kebutuhan. Dengan berbekal keterampilan tersebut, diharapkan mampu memanfaatkan hasil analisis untuk keperluan penyusunan strategi komunikasi kehumasan.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu pemateri Pusdiklat, Verra Rousmawati, M.Sc., pada Senin (7/11) saat membuka pelatihan yang sekarang berlangsung di Hotel Puri Saron, Kabupaten Buleleng. Pelatihan diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu. Dengan total 50 jam, pelatihan berlanjut hingga 11 Nopember mendatang.

Adapun materi yang dipelajari meliputi pemahaman dasar-dasar analisis media sosial, pemahaman dasar-dasar strategi komunikasi, penyusunan rencana analisis, pelaksanaan hasil analisis, penyusunan laporan hasil analisis, dan penyusunan strategi komunikasi. Di samping pemahaman materi, para peserta juga dibebankan tugas secara langsung dan diseminarkan pada hari terakhir pelatihan. (#Wyn).