(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

12 Inovasi BPKPD Buleleng Berjalan Efektif

Admin balitbang | 30 November 2023 | 590 kali

Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Buleleng tergolong paling banyak memiliki inovasi di jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng. Menyadari kehadiran BPKPD sebagai perangkat daerah yang tergolong strategis, maka inovasi menjadi hal penting yang harus dilaksanakan untuk menjawab segala permasalahan tantangan pelaksanaa kegiatan, sehingga mempermudah akses bagi masyarakat untuk mendapat pelayanan.

 

Hal ini disampaikan Kabid Pendataan dan Pelayanan BPKBD, Ayu Sri Susantiani, SE., M.A.P., saat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Inovasi Daerah di Kantor setempat oleh Tim Monev Balitbang Inovda Buleleng, yang dilakukan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Substansi Difusi Kelitbangan  Gede Suardika, SE., M.Pd., dan Analis Kebijakan Ahli Muda Substansi Diseminasi dan Fasilitasi HKI, Drs. Made Roy Astika, A.Md.

 

Menurut  Ayu Sri Susantiani, pihaknya saat ini memiliki 12 inovasi layanan, yakni Yan Starpa, Gebyar Desa Starpa, Tim Mentari, Gebyar Subak Starpa Relaksasi PBB, Sweet Sunday, Kamis Manis, Pan-G Denbukit, PPAT Online, Call Center, BPHPB 2 In 1 Service, dan Desa Star.  Semua inovasi itu merupakan inovasi pelayanan efektif kepada masyarakat untuk proses pembayaran pajak PBB dan retribusi. Inovasi tersebut hampir seluruhnya sudah memenuhi kelengkapan sesuai dengan Indek Inovasi Daerah (IID).

 

Hanya saja ada 2 Inovasi yang belum dilengkapi persyaratan IIDnya, yakni Yan Starpa dan Desa Star, karena masih dalam tahap pembaharuan, ungkap Ayu Santi saat didampingi Kasubid Pelayanan, Prisma Dewi Sumanti, sambil menambahkan kelengkapan tersebut akan dipenuhi tahun 2024.


Monev Balitbang Inovda telah dilakukan di semua Perangkat Daerah di Kabupaten Buleleng. Diharapkan dengan dilakukan monev ini, selanjutnya akan bisa memenuhi skor untuk pemenuhan IID. #Roy.