(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Inovda Lanjutkan Monitoring Inovasi Pelayanan Publik

Admin balitbang | 25 April 2024 | 827 kali

Kamis, 26 April 2024 Balitbang Inovda Buleleng yang diwakili Analis Kebijakan, I Gede Suardika melanjutkan monitoring pembinaan inovasi publik yang masuk dalam KIPP (Kompetisi  Inovasi Pelayanan Publik), bersama tim dari Bagian Organisasi Setda Buleleng dengan dipimpin Kabag Organisasi Dra. AA. Sri Ambarawati.

Hal penting dalam pembinaan inovasi adalah keberlanjutan inovasi publik yang dilaksanakan dan telah mendapatkan penghargaan top 99 tahun 2023. Diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dengan inovasi BULAN MELAH (Buleleng Kelola Sampah Anorganik Melalui Bank Sampah), PAS URBAN (Pilah Sampah Setempat Dukung Urban Farming) yang merupakan replikasi dari Inovasi TOSS milik DLH Kabupaten Klungkung.

Kemudian pada Disdukcapil Buleleng dengan inovasi LAYON SARI (Layanan Online Administrasi Kependudukan). Layanan ini bertujuan mempercepat layanan kepada masyarakat dalam administrasi kependudukan dan telah berjalan dengan baik.

Inovasi layanan publik yang telah mendapatkan penghargaan top 99 adalah Desa Baktiseraga dengan inovasi RELt-PRO (Revitalisasi Lahan tidak Produktif). Inovasi ini dilaksanakan oleh desa dengan memproduktifkan lahan-lahan kosong untuk menanam sayuran dengan pupuk buatan dari pengelolaan sampah desa. Hal ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar setiap lahan pekarangan rumah menanam sayuran kebutuhan keluarga. Inovasi ini juga telah berjalan sampai saat ini. #Igs.