(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Judul Dua ( 2 ) Kajian Kepariwisataan disepakati, dan segera dilanjutkan kajiannya

Admin balitbang | 14 Februari 2022 | 251 kali

Judul dua kajian itu terdiri dari Rekonstruksi Model Desa Wisata Tradisional Balines Life Pada Desa Bali Aga di Kabupaten Buleleng, dan Pengembangan Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng" . Sebelum disetujui didahulu dengan pemaparan Kadis Pariwisata Kab.Buleleng Gede Dody  didampingi Kabid Distinasi .  Pembahasan dua judul kajian kepariwisataan ini telah melalui berbagai diskusi alot antara Tenaga Ahli dengan OPD pengusul kajian dari Dinas Pariwisata.

Tenaga ahli yang terlibat dalam proses kajian kepariwisataan ini,terdiri dari Dokter I Nengah Suastika , SPD .MPD dari Undiksha Singaraja  terkait kajian model desa wisata Tradisional Balines Life, dan Prof Dr.Sukardi MPD  M.Ed dan Dr Ni Made Ary Widiaastinu,S.St.Par M.Par Dari Undiksha Singaraja dan Ida Bagus Gede Paramita,S.S.M.Si dari Arah Mou kuturan untuk Kajian Desa Agrowisata Desa Sambangan berbasis Tri Hita Karana.

Kepala Badan Litbang Inovda Kabupaten Buleleng Dokter Gde Wiartana dalam arahannya menyatakan ,  dalam tahun 2022 Balitbang Inovda Kab.Buleleng melakukan kajian sebanyak 10 Kajian, 2 diantaranya sektor pariwisata . Menyangkut 2 sektor pariwisata ini menurut Wiartana usulannya sudah disiapkan bulan maret 2021, tetapi baru diajukan bulan Januari 2022. Oleh karena itu Mantan Direktur RSUD Singaraja Gede Wiartana yang akrab dipanggil dokter Awi mengharapkan kajian ini bisa terlaksana secara efektif , dengan memanfaatkan waktu hanya 3 bulan saja. Kajian diharapkan clear bulan Juli 2022, dan Agustus sudah diserahkan, ungkap dokter Awi dengan tegas.

Oleh karena itu, waktu singkat ini agar bisa dipergunakan dengan efektif, tetapi hasilnya bisa memberikan  rekomendasi untuk pengembangan kepariwisataan di daerah Buleleng. Kabid Sospem Balitbang Inovda Ketut Ariawan juga menjelaskan secara panjang lebar tahap pelaksanaan kegiatan kajian selanjutnya setelah disepakati judul kajian ini. Hadir dalam rakor kajian kepariwisataan ini juga dari Fungsional Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Buleleng, Putu Setyawati ,ST.MT dan Ni Nyoman Sulastri SE, sekban Litbang Inovda Made Suharta . Kajian 2 sektor pariwisata akan dimulai bulan Mei hingga bulan Juli 2022. (Roy/Balitbang/22).