(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Gong Kebyar Legendaris Desa Menyali Daftar HKI

Admin balitbang | 05 April 2024 | 1076 kali

Gong Kebyar Legendaris Saraswati Desa Menyali Kecamatan Sawan daftarkan karya ciptanya untuk pengakuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Gong kebyar yang sudah berdiri sejak tahun 1604, merupakan sekeha gong kebyar yang sudah banyak menciptakan karya tabuh yang melegenda dan dipergunakan oleh kalangan seniman yang ada.

Klian Sekeha Gong Kebyar Desa Menyali, Edi Suryawan menjelaskan hal itu ketika melakukan konsultasi pendaftaran HKI hari ini (5/4) di ruang Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng.

Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana, didampingi Analis Kebijakan Ahli Muda Made Roy Astika telah menyampaikan teknis dan prosedur serta kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi. Mira juga menyampaikan untuk karya cipta prosesnya lebih mudah sepanjang berkas kelengkapan terpenuhi, dan pencatatan hanya memakan waktu beberapa hari saja.

Oleh karena itu, Mira mengharapkan agar kelengkapan administrasi terutama deskripsi keberadaan gong kebyar serta unsur kelengkapannya, seperti foto dan video bisa lebih cepat terpenuhi dan disiapkan.

Klian gong kebyar, Edi Suryawan mengharapkan keberadaan gong kebyar Desa Menyali segera bisa didaftarkan ke Kemenkumham Bali. Saya takut karena sekarang banyak hasil karya tabuh kami sudah dimainkan oleh kalangan penggiat seni, takutnya nanti ada yang lebih dahulu mengakuinya, ungkapnya mengakhiri perbincangan. #Roy.