(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Sidang TPM Bahas Kajian Sistem Drainase Buleleng

Admin balitbang | 22 Agustus 2022 | 187 kali

Senin, 22 Agustus 2022, bertempat di ruang rapat Balitbang Inovda Buleleng, dilakukan rapat Sidang Tim Pengendali Mutu (TPM) Pembahasan Konsep Laporan Akhir Kajian Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng. Rapat dipimpin oleh Sekretaris Balitbang Inovda, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., mewakili Kepala Badan dengan didampingi Tenaga Ahli Peneliti Univeristas Udayana.


Rapat ini merupakan rapat terakhir dalam penyusunan Kajian Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng, untuk mendapat masukan dalam penyempuranaan Laporan Akhir kajian. Beberapa masukan dari peserta rapat seperti saluran pembuang terutama pada bantaran sungai, agar menjadi bagian depan rumah bukan sebaliknya. Perbaikan pada dasar hukum yang digunakan agar memperhatikan kontur wilayah dan tutupan lahan. Perlu dipertegas rekomendasinya tentang pengelolaan atau pelibatan masyarakat, sehingga tidak membuang sampah sembarangan. Setuju terhadap rekomendasi kajian dalam pembuatan naskah akademik, agar bisa dipakai sebagai payung hukum dalam mengatur pengelolaan drainase ke depan, namun perlu diperhatikan lingkup wilayahnya juga apakah kawasan perkotaan atau kabupaten. Beberapa masukan tersebut akan dimasukan untuk kesempurnaan laporan akhir kajian penyelenggaraan sistem drainase Kabupaten Buleleng.


Rapat dihadiri oleh Tim Pengendali Mutu  dari Ketua LPPM Universitas Panji Sakti Singaraja serta perwakilan LPPM Undiksha Singaraja, Direktur Teknik Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, perwakilan Perangkat Daerah seperti Bappeda, Dinas PUTR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pertanian serta Para Kabid dan Peneliti Ahli Muda Balitbang Inovda. (Anik W).