(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Menggali Potensi Inovasi di Desa Joanyar, Rangdu, dan Mayong Kecamatan Seririt

Admin balitbang | 27 Oktober 2023 | 608 kali

Jumat, 27 Oktober 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng bersama staf Perencanaan Kantor Camat Seririt melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Joanyar, Rangdu, dan Mayong Kecamatan Seririt, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

 

Di Desa Joanyar diterima oleh Sekretaris Desa, yang menjelaskan bahwa pekerjaan yang dilaksanakan oleh masyarakat dominan sebagai buruh tani. Potensi alam yang rencana dikembangkan masih dalam proses pengembangan, dan perlu adanya persamaan persepsi antara desa Joanyar dan Kalianget dalam mengembangkan inovasi di bidang pariwisata.

 

Di Desa Rangdu, Sekretaris desa menceritakan tentang potensi unggulan pertanian, seperti padi, cengkeh dan durian. Di desa ini terdapat inovasi budidaya lebah klanceng yang sangat cocok menjadi habitat lebah, dikarenakan kaya akan pakan budidaya lebah. Selain itu juga terdapat obyek tracking, dan rencana pengembangan agrowisata untuk meningkatkan pendapatan desa.


Terakhir di Desa Mayong, Sekretaris Desa menjelaskan ada inovasi pelayanan publik, hanya saja masih dijalankan secara offline. Mengingat kondisi geografis yang berbukit-bukit, masih diupayakan dalam merubah pola offline dan online, bahkan ada rencana untuk mengembangkan digitalisasi pada Bumdes, dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi data kepada masyarakat. Adapun beberapa jalur tracking yang dimanfaatkan oleh pokdarwis setempat, dan rencana ke depan akan diintegrasikan pada sektor pertanian, sehingga terwujud obyek yang terpadu dan terintegrasi. #Wck.