(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Mengoptimalkan Potensi Inovasi Desa Sulanyah, Tangguwisia dan Kalianget Kecamatan Seririt

Admin balitbang | 26 Oktober 2023 | 607 kali

Kamis, 26 Oktober 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng, melaksanakan monitoring dan pendataan inovasi ke Desa Sulanyah, Tangguwisia dan Kalianget Kecamatan Seririt, dalam rangka mengoptimalkan perkembangan dan pemahaman inovasi kepada masyarakat.

 

Monitoring di Desa Sulanyah diterima oleh Perbekel PAW, I Nyoman Sindha, yang menjelaskan potensi pertaian padi dan anggur. Belum ditemukan inovasi di desa ini, hanya saja sesuai dengan kondisi saat ini para anak muda aktif dibidang seni music. Tim Balitbang Inovda menghimbau agar mengarahkan dan mengintegrasikan kegiatan musik dengan lingkungan, sehingga terbentuk suatu aktifitas yang terintegrasi dan menyerap aspirasi masukan dari anak muda untuk mengembangkan seni di desa, dengan tujuan menciptakan inovasi yang berkelanjutan.

 

Di Desa Tangguwisia diterima oleh Putu Ngurah Budi Utama selaku Perbekel. Utama menjelaskan bahwa terdapat inovasi yang terletak di kawasan pantai Tangguwisia, yang rencananya Setra disana akan dikemas sedemikian rupa menjadi tempat wisata dan aktivitas UMKM.


Terakhir di Desa Kalianget diterima oleh Sekretaris Desa. Produk pertanian unggulan di desa ini masih padi dan anggur. Terkait inovasi terpantau produk kesehatan tradisional, yaitu minyak cukli dan kain tenun khas Desa Kalianget. Kedua produk ini sudah memiliki harga pasar yang bagus bahkan diminati daerah lain. Melalui kesempatan ini, tim memaparkan tentang Peraturan Bupati Buleleng Nomor 23 Tahun 2023 tentang Inovasi Daerah, agar inovasi di desa ini bisa lebih dioptimalkan lagi. #Wck.