(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Proses Penyusunan Peta Jalan Pemajuan IPTEK

Admin balitbang | 24 November 2023 | 659 kali

Balitbang Inovda Buleleng hari ini, Jumat (24/11) menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK di Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama UNHI dengan BRIDA Provinsi Bali.

 

FGD dipimpin Kepala BRIDA, Ir. I Made Gunaja, M.Si., dengan dihadiri Deputi Bidang Riset BRIN, Perangkat Daerah lingkup Provinsi Bali, dan Brida/Balitbang se-Bali. Dalam sambutannya, Kepala BRIDA mengatakan bahwa dasar hukum pelaksanaan penyusunan Peta Jalan Pemajuan IPTEK adalah Perpres Nomor 78 Tahun 2021 dan Peraturan BRIN Nomor 5 Tahun 2023. Di samping mengacu pada peraturan tersebut, penyusunan kajian ini juga mengacu pada Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2023 dan Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali.


Lebih lanjut beberapa saran masukan Deputi Bidang Riset, agar dalam penyusunan prioritas tidak terlalu banyak supaya tidak menyulitkan aplikasi serta pelaksanaan. Kajian yang sudah dilakukan BRIN di 9 kabupaten/kota agar dimasukkan ke dalam Peta Jalan Pemajuan IPTEK, menambahkan indikator agar lebih jelas dan rasional, sehingga dapat dilihat serta dinilai progres capaian setiap tahunnya. #Ngr.