(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Sosialisasi dan Evaluasi IPKD Buleleng

Admin balitbang | 15 Maret 2022 | 186 kali

Sosialisasi Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) 2022 dan evaluasi IPKD 2021 dari tim IPKD Provinsi Bali, berlangsung hari ini Selasa, 15 Maret 2022 bertempat di ruang rapat Bappeda Kabupaten Buleleng.

Acara dipimpin oleh Bapak Asisten Administrasi Umum, Ir. Nyoman Genep, M.T., yang didampingi Plt. Kepala Balitbang Buleleng, Made Suharta, S.Kom.,M.A.P., dan dihadiri oleh Tim IPKD Provinsi Bali yang dipimpin oleh Bapak Sekretaris BARI, Bappeda Kabupaten Buleleng, BPKPD Kabupaten Buleleng, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Inspektorat, Kepala Bidang dan Peneliti Ahli Muda Balitbang Kabupaten Buleleng.

Arahan dari Bapak Asisten Administrasi Umum adalah saat pengukuran IPKD 2022 agar SKPD terkait membantu menyiapkan data dukung. Sosialisasi IPKD dipaparkan oleh Bapak Sekretaris BARI yang menekankan pada penilaian IPKD adalah terhadap kualitas tata kelola keuangan pemerintah daerah yang terdiri dari 6 dimensi pengukuran sesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2020.

Hasil Evaluasi IPKD Kabupaten Buleleng 2021 dilaksanakan terhadap pengelolaan keuangan daerah tahun 2018 pada klaster Kemampuan Daerah Tinggi dengan Katagori Baik, tahun 2019 dengan katagori perlu perbaikan dan tahun 2020 juga dengan katagori perlu perbaikan. Pada sesi diskusi disimpulkan bahwa peran Dinas Kominfosanti adalah sebagai penyebarluas informasi publik, termasuk 29 indikator yang akan diukur dalam IPKD dan diperlukan koordinasi yang intensif oleh tim IPKD Kabupaten Buleleng dalam persiapan pengukuran IPKD 2022. (Eka Sari/Balitbang/22).