(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Substansi Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana Balitbang Inovda Persiapkan Kajian 2023

Admin balitbang | 01 November 2022 | 120 kali

Selasa, 1 Nopember 2002 bertempat di Ruang Rapat Balitbang Inovda Buleleng dilaksanakan rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Tahun 2023, pada Substansi Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana. Rapat dipimpin oleh Kabid Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Purnawirawan, S.E.,M.E., mewakili Bapak Kepala Balitbang. Rapat turut dihadiri oleh Sekdis Kominfosanti beserta Kabid dan pejabat fungsional, perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Perkimta serta pejabat fungsional perencana dan peneliti ahli muda lingkup Balitbang.

Dalam arahannya, Bapak Kabid Ekbang menyampaikan bahwa rapat ini sebagai tahapan untuk menggali informasi terkait kegiatan penelitian dan pengembangan yang dibutuhkan oleh Perangkat Daerah. Oleh karena itu, jika ada kegiatan yang penting dan mendesak untuk dilaksanakan Tahun 2023 agar mengajukan proposal dilengkapi dengan surat pengantar.

Dalam Rencana Induk Kelitbangan (Rinduk) Kabupaten Buleleng Tahun 2020-2025, pada Tahun 2023 terpasang Sub Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika serta 2 kajian terkait perhubungan, yaitu Master Plan Pengembangan Intelligent Transport System (ITS) di Kabupaten Buleleng, dan Kajian jaringan lalu lintas angkutan barang Kabupaten Buleleng yang instansi pelaksananya  Dinas Perhubungan.

Untuk Sub Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika akan dilaksanakan penyusunan peta rencana dan arsitektur SPBE, dan proposal sudah diusulkan awal Tahun 2022. Sedangkan 2 kajian terkait perhubungan yang terpasang di Rinduk tidak dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan karena keterbatasan anggaran.

Dinas Kominfosanti menyampaikan bahwa Peta Jalan dan Arsitektur SPBE mendesak dipakai untuk penilaian Tahun 2022, yang hasilnya keluar Tahun 2023. Jika anggaran yang terpasang dalam Renja Balitbang Tahun 2023 tidak mencukupi untuk menyusun 2 kajian SPBE, maka yang prioritas dilaksanakan adalah Kajian Dokumen Arsitektur SPBE.

Dinas Perhubungan sudah menyampaikan proposal Pengelolaan Perparkiran di Kabupaten Buleleng pada awal Tahun 2022. Sedangkan usulan yang disampaikan Dinas PUTR Tahun 2023 adalah Naskah Akademik dan Ranperda terkait drainase perkotaan sebagai rekomendasi kajian drainase tahun ini. (Anw).