(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Mekanisme Pelaksanaan Penelitian BRIDA Badung

Admin balitbang | 14 November 2023 | 724 kali

Selasa, 14 November 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan koordinasi dan konsultasi ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Badung. Koordinasi terkait pelaksanaan Swakelola Tipe III dan Pelaksanaan Inovasi Daerah di Kabupaten Badung, dengan diterima Wayan Sukarsa selaku Analis Kebijakan Ahli Madya, dan Made Aquarini selaku Analis Kebijakan Ahli Muda.

 

Sukarsa menyampaikan bahwa terkait dengan pelaksanaan kegiatan penelitian di BRIDA, selama ini telah melaksanakan kerjasama melalui mekanisme pengadaan barang/jasa melalui swakelola tipe 2 dan tipe 3. Terkait dengan swakelola tipe 3 yang kerjasamanya dengan perguruan tinggi swasta, pelaksanaannya berpedoman pada Peraturan LKPP Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pedoman Swakelola. Mekanisme swakelola tipe 3 hampir sama pelaksanaannya dengan swakelola tipe 2. Usulan proposal penelitian bersumber dari perangkat daerah atau instansi lain, serta pihak BRIDA juga mengangkat sendiri judul penelitian dengan menganalisis isu-isu yang hangat untuk dibahas dijadikan penelitian. Judul judul penelitian yang sudah diusulkan akan dibahas oleh Tim Perumus Kebijakan, yang nantinya akan dikeluarkan rekomendasi untuk dilaksanakannya penelitian.

 

Selanjutnya terkait dengan Pelaksanaan Inovasi Daerah, Kabupaten Badung telah melaksanakan 3 kegiatan lomba inovasi. Pertama pada Mangupura Award Tahun 2023 sebagai ajang perangkat daerah untuk unjuk inovasi. Lomba ini terdiri dari kategori inovasi perangkat daerah dan pemerintah desa. Kedua yaitu pelaksanaan Adi Karya Nugraha untuk kategori inovasi anak-anak muda, yang terdiri dari Mahasiswa dan Pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Badung. Dan yang Ketiga kegiatan Badung Festival Inovasi yang terdiri dari kategori untuk inovasi masyarakat, baik secara kelompok maupun individu.


Sebelum kegiatan dilakukan, BRIDA telah melaksanakan sosialisasi, baik secara manual terjun kelapangan maupun melalui media sosial. Mekanisme penilaian untuk masing-masing kegiatan pun berbeda-beda, baik dari segi indikator penilaian dan pelibatan unsur juri dengan melibatkan unsur Pentahelix. #Sck.