(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Kajian Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng Menuju Tahap Akhir

Admin balitbang | 16 November 2023 | 659 kali

Kamis, 16 November 2023 Balitbang Inovda Buleleng melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pembahasan Draf Laporan Akhir Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah, tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Kabupaten Buleleng. Bertempat di ruang rapat setempat, acara dipimpin langsung Kepala Balitbang Inovda Drs. Made Supartawan, M.M. Acara dihadiri perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Narasumber dari Kemenkumham Kantor Wilayah Bali, Tenaga Ahli Peneliti Universitas Udayana, Tim Pengawas dan Tim Teknis Swakelola Kegiatan, serta Fungsional Analis Kebijakan Balitbang Inovda beserta staf.

 

Rapat dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait Naskah Akademik tersebut, dengan harapan mendapat titik temu minimal dari pihak internal terhadap substansi naskah akademik dan ranperda yang sudah disusun, sehingga pada saat pelaksanaan rapat pembahasan akhir, tinggal menerima masukan dari pihak eksternal saja.

 

Beberapa masukan saat konsultasi publik, sudah diperbaiki tenaga ahli yang fokusnya lebih banyak ke ranperda. Setelah itu, dilakukan koordinasi dengan Kemenkumham untuk menindaklanjuti masukan dari Kemenkumham. Terkait dengan masukan perubahan lingkup kegiatan sudah tidak menjadi masalah sesuai hasil koordinasi tenaga ahli dengan kemenkumham.

 

Beberapa hal yang didiskusikan dalam rapat koordinasi, diantaranya; tidak adanya jarak terkait sempadan drainase, istilah saluran berfungsi ganda, pembongkaran, pembentukan forum komunikasi, pelibatan masyarakat adat serta subak. Pembahasan laporan akhir akan dilaksanakan pada 21 Nopember 2023 mendatang. #Anw.