(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Tinjau 5 Besar Kreasi Inovasi Buleleng

Admin balitbang | 28 September 2022 | 172 kali

Rabu, 28 September 2022, dalam rangka Lomba Kreasi Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2022, diselenggarakan peninjauan langsung ke inovator yang berhasil memperoleh peringkat 5 besar untuk meninjau, melakukan uji coba, dan melakukan simulasi terhadap inovasi yang diajukan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng, dengan melibatkan Tim Juri sebagai penilai.

Adapun inovasi yg dikunjungi yaitu Bamboo Corner yang terletak di Desa Sidetapa Kecamatan Banjar. Putu Dendi Saputra selaku inovator menjelaskan secara detail tentang inovasi yang dilaksanakan kepada Tim Juri terkait anyaman bambu.

Pattika Bali yang terletak di Desa Munduk Bestala Kecamatan Seririt merupakan inovasi yang sangat unik, dimana memanfaatkan pelapah dan daun pisang yang sudah kering sebagai pengganti tempat makanan. Gede Agus Andreawan selaku inovator menegaskan selama melaksanakan inovasi banyak menerima orderan dari luar kabupaten, bahkan sampai ke luar negeri.

Hambatan agar inovasi bisa berjalan secara kontinyu saat ini adalah ketersediaan bahan baku, sehingga hanya bisa didistribusikan di Provinsi Bali saja. Segala ketentuan lomba sudah disampaikan ke inovator, namun penentuan inovasi terbaik masih ada di tangan Tim Juri. (Wck).