(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Analis Balitbang Inovda Dampingi English Corner Menuju Swacitta Bali Nugraha

Admin balitbang | 23 April 2024 | 965 kali

Selasa, 23 April 2024 di Desa Sidetapa Kecamatan Banjar, dalam rangka Swacitta Bali Nugraha yang diselenggarakan oleh BRIDA Provinsi Bali, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan pendampingan inovator English Corner Community, dalam penyempurnaan proposal pengajuan lomba tingkat provinsi.

Atas hasil pemaparan inovator ke Balitbang Inovda, diperoleh beberapa koreksi untuk memperbaiki proposal berdasarkan masukan dari beberapa dosen perguruan tinggi yang ada di Buleleng. Dengan geografis inovator lost sinyal internet, menyebabkan Balitbang Inovda kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan data proposal yang akan diusulkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Analis Kebijakan Ahli Muda Balitbang Inovda, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra langsung menuju ke lokasi English Corner untuk memperoleh data yang dibutuhkan, mengingat batas waktu pengumpulan yang sudah semakin dekat.

Banyak hal yang perlu diperbaiki berdasarkan masukan Dr. Sandiasa dari Universitas Panji Sakti Singaraja, diantaranya dalam metode perlu menjelaskan volume dan perkembangan jumlah sampah, menyebut dengan jelas tahun dimulainya kegiatan tersebut, serta bentuk ketertarikan wisatawan dan kontribusinya. Termasuk pula banyak masyarakat yang pernah bergabung pada English Corner Community kini sudah bekerja pada bidang pariwisata di dalam maupun luar negeri. Dan masih banyak lagi hal lain yang perlu ditambahkan untuk mendukung proposal, yang akan segera dirampungkan.

Catatan lain berdasarkan kriteria penilaian, pada Bab III Hasil embahasan terdiri dari rancang bangun inovasi (Deskripsi Inovasi, Tahapan Pembuatan, Output dan Outcome) hendaknya dijadikan sub-sub pembahasan tersendiri. Analisis Inovasi harus nampak jelas (kemamfaatan dan keberlanjutan inovasi, orisinalitas ide dan efektifitas inovasi). Termasuk kelayakan inovasi (terdiri dari orisinalitas, keunggulan, peluang pasar atau pengembangan). #Wck.