(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Belayag Penglatan dan Kue Konteng Desa Tamblang Daftarkan Kekayaan Intelektual

Admin balitbang | 25 Maret 2024 | 1348 kali

Untuk katagori Pengetahuan Tradisional, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng akan mendaftarkan kuliner khas Desa Penglatan  Kecamatan Buleleng yakni Belayag Penglatan, dan Jaje Konteng (Kue Tinting) sebagai jajan khas Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan.

Kedua Pengetahuan Tradisional ini memang telah diakui sebagai makanan khas di kedua desa tersebut yang sudah sangat terkenal di masyarakat, namun tidak semua orang tahu kalau kuliner dan jajanan itu berasal dari Buleleng yang memiliki ciri khas.

Belayang Penglatan misalnya, kuliner yang bahan bakunya dari beras yang dibalut dengan daun kelapa itu, banyak diminati sebagai menu sederhana dengan campuran bumbu genep kental, dengan sayuran dari pepaya muda, perpaduan ceker ayam dan ayam suwir nan lezat. Demikian juga jajanan Konteng yang khas berbahan dasar kacang dengan gula khusus dan dibungkus dengan kertas minyak, merupakan jajanan yang sangat cocok dipadukan dengan nyeruput secangkir kopi pahit.

Dengan alasan inilah kemudian Balitbang Inovda akan mendftarkan ke Kemenkumham atas kekayaan lntelektual yang dimiliki. Selain akan mampu meningkatkan ekonomi, juga memberikan perlindungan hukum atas karya cipta yang dihasilkan.

Saat ini makanan kategori Pengetahuan Tradisional itu dalam proses kelengkapan administrasi. Dalam kunjungan Tim Fasilitasi Kekayaan Intelektual, Made Roy Astika dan Gede Suardika didampingi staf Intek, hari ini Senin (25/3) telah melihat dari dekat proses pembuatan Belayag Penglatan, mulai dari persiapan bahan mentahnya hingga kepada sajian Belayag yang siap dinikmati. #Roy.